Tas Ransel Cordura

Apa itu Kain Cordura?

 

Bahan tas ransel dengan merek Cordura adalah salah satu kain pembuat tas yang banyak digunakan dalam berbagai macam produk termasuk koper, ransel, celana, pakaian militer dan pakaian yang dipergunakan untuk kebutuhan kinerja tingkat tinggi. Kain Cordura dikenal karena daya tahannya terhadap abrasi, rembesan air serta tahan lecet.

Sejarah kain cordura awalnya dikembangkan dan terdaftar sebagai merek dagang dari EI deNemours duPont and Company (DuPont) pada tahun 1929 yang sekarang dimiliki oleh Invista (anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Koch Industries, Inc). Kain Cordura ini dibuat dari benang atau serat yang dibuat oleh Invista. Bahannya dapat dibuat dari serat sintetis 100% atau campuran dengan kapas atau serat alam lainnya.

Untuk dapat menggunakan nama merek Cordura, bahan kain ini terlebih dahulu harus lulus uji dan disetujui oleh Invista. Cordura awalnya diperkenalkan sebagai kain jenis Rayon. Produk ini terus dikembangkan selama Perang Dunia II dan digunakan oleh militer sebagai bahan untuk ban. Pada saat formulasi baru dari nilon terbukti lebih unggul di tahun 1966, nama merek Cordura kemudian diubah penyebutannya untuk produk nilon.

 

bahan tas Cordura
Sumber : http://www.trucktrend.com

 

Pada tahun 1977 peneliti menemukan suatu proses untuk pencelupan Cordura, yang membuka berbagai aplikasi komersial. Pada 1979 koper dengan bahan soft-sided Cordura telah berhasil meraup sekitar 40 persen pasar produk koper. Beberapa merek klasik yang tetap populer saat ini terus menggunakan kain Cordura dalam produk mereka. Eastpak merupakan merek pertama yang menggunakan kain Cordura pada produk tas mereka. Sementara JanSport menggunakan nilon kanvas-seperti di daypacks asli mereka di tahun 1970 dan terus menggunakan bagan tersebut sampai saat ini.

Pada 1980 Portage Manhattan mulai menggunakan 1000D Cordura Nylon di tas mereka agar berdaya tahan tinggi. Pada 1990-an, merek pakaian Workwear Eropa mengadopsi kain 1000D dan 500D untuk seragam bala bantuan. Merek pakaian seperti Snickers juga menggunakan kain ini untuk membantu pakaian mereka bertahan lebih lama.

Jenis Kain Cordura

Kain Cordura ini tersedia dalam berbagai konstruksi, berat dan estetika, termasuk versi yang dirancang khusus untuk ketahanan terhadap sobek, retensi warna, dan bahan ringan dengan daya tahan tinggi. Ada pula baselayer, denim dan kain kanvas yang mengandung campuran serat Invista 420 6,6 nilon dan katun, yang dikenal sebagai Cordura Baselayer, Cordura Denim, dan kain Cordura Duc. Kain Cordura Naturalle yang didasarkan pada teknologi full dull yarn, dirancang untuk menyerupai tampilan dan nuansa dari kapas. Kain Cordura Naturelle tersedia dalam rajutan dan wovens, dengan dan tanpa laminasi dan peregangan serta finishing yang bagus.

Cordura kini juga digunakan dihampir semua bahan tas ransel dan tas selempang dari kualitas menengah sampai paling tinggi karena ketahanannya terhadap abrasi serta cara merawat tas yang mudah. Selain untuk dibikin tas, kain cordura juga digunakan untuk pembuatan jaket sepeda motor atau celana.